KEWIRAUSAHAN DIGITAL ITU PENTING lho!!

 Kewirausahaan Digital

 

Nama : Putri Aisyah Salsabil

Prodi : Pendidikan Administrasi Perkantoran

Kelas : B

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus dan Terrylina Arvinta Monoarfa,BE.,MM

 

Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan

Seperti yang sudah disimak dari youtube channel Dedi Purwana yang berjudul “Digital Entrepreneurship” https://www.youtube.com/watch?v=CSulqBJZcgA&t=1347s didalam video tersebut terdapat dua narasumber yang bernama : Prof.Ir. Jayamarka,MM. (yang merupakan manajer IT di PT. Indoguna dan Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus selaku pembawa acara sekaligus pemilik channel youtube tersebut. dari video tersebut saya menarik kesimpulan bahwa di era industri 4.0 seperti ini sangat di butuhkan kemampuan literasi digital yang dimana dari mulai berjualan, berbelanja, berkomunikasi, bahkan mencari jodoh pun kita menggunakan teknologi.

Dan banyak di zaman seperti ini pengusaha – pengusaha dari pengusaha kecil, hingga yang sudah memiliki banyak cabang pun mulai berkecimpung di dunia Digital Entrepreneurship. Wirausaha digital atau digital entrepreneurship itu memiliki arti yaitu, kemampuan bisnis yang dimiliki orang dan mempunyai usaha dengan memanfaatkan teknologi digital, jadi bisnis tersebut tidak hanyak bertemu langsung namun bisa juga dilakukan secara tidak langung atau online.

Semua bisa disebut sebagai wirausaha digital apabila orang tersebut mempunyai usaha dan memiliki kemampuan sebagai wirausaha yang baik dalam usahanya tetao mengikuti perkembangan zaman atau teknologi yang ada.

Dan kewirausahaan digital ini sangan penting di masa sekarang karena zaman pasti terus berkembang, dan kita sebagai seorang wirausaha pasti selalu dituntut untuk mengikuti zaman, agar usahanya tidak tertinggal dan agar usahanya terus berjalan lancar. Dan prospek bisnis digital di Indonesia seperti ini pasti akan banyak peluang, mau dari si pemilik usaha atau dari para pekerja bisnis/usaha itu. Maka dari itu, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mengenai bisnis digital sangat dibutuhkan untuk keberhasilan suatu bisnis. Dan pemilik usaha harus paham mengenai bisnis digital ini agar dapat memeriksa dan mengetahui apapun yang dilakukan oleh para pekerja bisnis tersebut.

Dalam kegiatan kewirausahaan digital pasti  banyak sekali peluang dan tantangan yang ada, berikut ini peluang dan tantangan yang akan dilewati oleh wirausahawan digital.

Peluang dari kewirausahan digital :  

· Lebih mudah dikenal, dengan memanfaatkan teknologi yang ada,pelanggan akan lebih mudah mengetahui produk yang kita jual. Seperti, ketika kita ada produk baru yang ingin dijual, kita tidak kesulitan dalam menyebarkan informasinya, karena hanya tinggal di promisikan saja di media sosial, akan mungkin banyak orang yang tau produk baru kita,dan bahkan produk kita dapat dijangkau hingga seluruh dunia,tidak hanya orang – orang sekitar lingkungaan kita usaha.

· Semakin kita inovatif,semakin maju, maksudnya disini yaitu semakin kita inovatif dalam usaha kita,kita aka semakin maju karena biasanya pelanggan ingin hal – hal baru yang unik, yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

· Selalu mengikuti zaman, bisnis kita akan semakin berkembang jika kita selalu mengikuti perkembangan zaman,karena dengan hal – hal baru itu yang akan menarik pelanggan dalam melirik bisnis kita.

 Tantangan dari kewirausahaan digital :

· Inovatif dalam menciptakan produk, kita harus inovatif dalam membuat produk untuk bisnis kita, dan biasanya ini yang agak sulit dilakukan karena kita harus terus berpikir apa yang harus dibuat untuk usaha kita ini. Jika kita kurang inovatif dalam menciptakan produk, mungkin saja usaha kita tidak akan berkembang dan tidak akan maju karena kurangnya inovatif.

· Berpikir out of the box, hal ini sangat diperlukan pada saat ingin membuat bisnis  yang sukses. Banyak orang memikirkan sesuatu yang umum dilakukan, tapi alangkah baiknya jika kita memikirkan hal yang tidak umum dan keluarkan kreativitas yang dimiliki untuk mendapat hasil yang maksimal. Dan agar mendapatkan banyak perhatian dari pelanggann.  

· Persaingan semakin tinggi, karena zaman sekarang teknologi sudah canggih maka tidak akan ada Batasan runag dan waktu untuk melakukan bisnis. Bahkan dizaman sekarang kita dapat menjalin kerja sama dengan bisnis lain dibelahan dunia mana pun. Dan karena ini, tentu saja jika kita ingin memulai usaha kita harus dibarengi dengan inovasi, karea jika tidak, kita akan tertinggal dengan competitor dari belahan dunia lain. 

· Cara bersaing secara sehat, selain kita harus memikirkan produk yang kita akan jual, kita juga harus memikirkan bagaimana cara bersaing secara sehat dengan competitor lain,baik sesama negara maupun berbeda negara. Karena bersaing secara sehat ini sangat sulit untuk dilakukan. Karena banyak oknum – oknum nakal yang bermain curang dalam sebuah usaha ini.

· Keinginan masyarakat ynag selalu berubah, terkadang msyarakat selalu berubah – ubah keinginannya, baik dari segi selera, keinginan diri dan bahkan kebutuhan. Dan masyarakat itu mudah sekali bosan dengan satu hal dan memiliki keinginan yang cukup sedikit kompleks. Dan mereka sangat pintear dalam memilih mana produk yang sesuai,mana produk yang berkulaitas, mana yang kurang diminati dan bahkan ada yang tidak diminati dari pelanggan ataupun masyarakat sekitar.

Menurut saya, untuk mendapatkan sesuatu itu tidak lah mudah, pasti ada proseds dan kerja keras dari sang pemilik usahanya. Dan jangan lah mengeluh dengan usaha yang sudah dimulai dengan baik pada awal.

Saya juga mendpaat kesimpulan dari kedua video yang saya tonton itu bahwa, kompetensi yang harus dimiliki apabila ingin menjadi wirausaha digital yaitu :

1. Komunikasi, wirausaha harus bisa menjelaskan atau mempresentasikan ide yang sudah dibuat secara berulang kali untuk mencari investor ataupun pelanggan, dan juga untuk mempresentasikan kepada pelanggan yang ingin membeli dan kepada investor agar usaha tersebut di minati.

2. Finansial, wirausaha harus bisa mengenai finansial dengan sebaik mungkin. Dan arus kas ini sangat lah penting dan baik untuk orang orang yang solopreneur,freelancer atau bisnis besar sekalipun sangat dibutuhkan.

3. Merk, seorang wirausaha harus bisa membuat merk sendiri agar berbeda dengan yang lain dan dapat dilirik pelanggan.

4. Marketing, seorang wirausaha digital sangat lah harus mendalami dan mengetahui lebih detail dari produk, agar lebih mudah mempromosikannya.

5. Networking, untuk menjadi wirausaha yang sukses kita harus memperluas kenalan agar lebih mempermudah melakukan promosi.

6. Design, seorang wirausaha juga harus memikirkan design produk agar lebih menarik pelanggan. Walaupun yang diliat adalah design nya dan tidak terlalu perduli dengan fungsinya.

7. Learning, seorang wirausaha harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan yang membantu untuk meingkatkan kinerja bisnis,

Dan saat usaha kita ini berjalan dengan baik, dan menjadi wirausaha, harus bisa mencapai kepuasan pelanggan salah satunya dengan harga yang murah dan kualitas yang bagus, dan kita juga harus memiliki mitra agar pelanggan dapat percaya kepada kita bahwa usaha kit aini legal dan sudah memiliki sertifikat,

Dan untuk memdpatkan prospek kerja yang lebih bagus dimasa depan, kita terlebih dulu harus mengimplementasikan teknologi informasi di usaha/bisnis yang ingin dibangun setelah itu baru lah kita kan mendapatkan hasil yang baik. Jadi, kita harus mempunyai modal yynag sempit dahulu seperti di PT. Indoguna yang memanfaatkan digital dalam menjalankan perusahaannya.

  Baca juga : sobat dunia kampus / https://www.duniakampus40.net

 

Komentar

  1. Artikel yang sangat bermanfaat dan informatif, terima kasih ya

    BalasHapus
  2. terus posting artikel menarik lainnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer