Ketahui Tentang Digital Marketing YUKK!!!
Digital
Marketing
Nama
: Putri Aisyah Salsabil
NIM : 1709620047
Prodi
: Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kelas
: B
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus dan Terrylina Arvinta
Monoarfa,BE.,MM
Assignment
Kewirausahaan digital “Digital Marketing”
Seperti yang sudah
disimak dari youtube channel Dedi Purwana yang berjudul “Digital Marketing”
https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k
di zaman yang seperti ini, peran internet dan teknologi digital telah mengubah
dunia dengan mengubah pola perilaku
konsumen. Digital Marketing adalah sebuah jawaban terhadap konsumen,sehingga
kita bisa menangkap persaingan yang terjadi di dunia wirausaha. Dan Digital
Marketing merupakan startegi memperkenalkan produk berupa barang dan jasa
kepada konsumen melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan adanya digital
marketing dapat dengan mudah masyarakat untuk melakukan kehidupan sehari-hari
dalam bertransaksi dimana dan kapanpun mereka berada. Di era pandemic covid-19
seperti ini, semakin menunjukkan betapa pentingnya digital marketing pada masyarakat,
terlebih lagi dalam dunia kewirausahaan atau bisnis seperti ini. Masyarakat semakin
memanfaatkan digital marketing dalam peluang bisnis di masa pandemi covid-19
saat ini.
Peran teknologi digital
saat ini telah banyak merubah pola perilaku masyarakat di dunia ini dan
dijadikan peluang oleh para pelaku usaha agar dapat memenuhi kebutuhan usahanya
dan kebutuhan para konsumen usahanya. Dan digital marketing menjadi andalan
bagi para pelaku bisnis, mulai dari perusahaan sampe pelaku bisnis UMKM dalam
mengembangkan bisnis nya. Ada banyak sekali keuntungan dari digital marketing bagi
bisnis saat ini, mulai dari UKM hingga tingkat perusahaan banhkan tidak sedikit
dari digital marketing ini dapat menggeser iklan iklan konvensional mereka
menjadi digital marketing ini.
Akan banyak sekali
manfaat yang di dapatkan jika kita berbisnis dengan media digital seperti ini, pertama,
kita mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang telah kita rencanakan. Melalui
digital marketing ini,bisnis yang kita tawarkan dapat dengan mudah menjangkau
konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai dengan keinginan. Dengan begitu,
kita akan dengan mudah meningkatkan penjualan produk atau memberikan pelayanan
jasa kepada publik. Kedua, dapat menjangkau pasar secara online, karena
banyak dari konsumen saat ini lebih memilih internet sebagai sarana untuk
menemukan produk yang dicari karena lebih mudah dan lebih praktis. Ketiga,
meningkatkan profit bisnis yang tengah dijalankan. Salah satu faktor dari
berkembang pesatnya bisnis saat ini adalah mudahnya transaksi, karena telah ada
fitur transaksi secara online. Karena kemudahannya itu mampu meyakinkan dan menarik
perhatian dari banyak konsumen terhadap produk tertentu itu. Bahkan saat bisnis
yang tengah dijalankan masih dalam tahap berkembang,sangat memungkinkan digital
marketing ini membuat produk tersebut bnyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Keempat,
menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis. Baik pelaku bisnis UKM
maupun perusahaan yang sudah besar sekalipun
memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing ini. Kanal yang
menawarkan jasa periklanan sama - sama
memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun itu. Dan dengan begitu,
kemungkinan bisnis yang kita miliki mempunyai peluang yang sama untuk
mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama. Kelima,
memudahkan dalam melakukan evaluasi. Internet merupakan akses terbuka yang
dimana bisnis yang dilakukan dapat terhubung oleh berbagai portal secara online.
Dan dari internet itu kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis
yang kita jalani karena sebuah bisnis akan ditampilkan secara bersamaan dengan
bisnis lainnya. Bisa juga untuk melihat kekuatan dan kelemahan dalam bisnis untuk kemudian dijadikan bahan
evaluasi untuk kedepannya.
baca juga :https://www.duniakampus40.net
Kebutuhan mengenai
digital marketing ini sangat penting bagi para pelaku bisnis, karena kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi di era seperti ini menjadi hal yang harus
dan wajib di pahami sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia
kewirausahaan. Dan di masa pandemi covid-19 seperti ini, membuktikan bahwa
betapa pentingnya digital marketing bagi kewirausahaan, karena ketika seseorang
tidak bisa mengakses secara konvensional dari beberapa media promosi atau
pemasaran yang dilakukan, karena promosi secara konvensional tersebut
membutuhkan banyak biaya yang di keluarkan hanya untuk 1 promosi produk saja,
maka media digital menjadi satu-satunya solusi dalam masa pandemi covid-19
seperti ini, sehingga terbuka lah peluang dan kesempatan bagi para pelaku
bisnis untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui digital.
Para pelaku usaha harus
mempertimbangkan media sosial sebagai bagian dalam strategi pemasaran, karena mendia
sosial menunjukkan suatu gejala yang positif dan karena media konvensional
kurang begitu efektif untuk saat ini dan terlalu mengeluarkan banyak biaya. Dan
dalam membuat usaha kita harus tahu dulu bagaimana caranya untuk Menyusun strategi
pemasaran produk. Dan melakukan penyusunan strategi pemasaran produk ini sangat
penting untuk meningkatkan penjualandan jika menggunakan strategi yang tepat
maka produk akan semakin di kenal para konsumen.
Dan berikut ini adalah penjelasan bagaimana pelaku usaha dalam merancang
strategi agar usaha dapat tumbuh berkembang serta produk dapat dikenal,berdaya
saing dengan menggunakan konsep SOSTAC (Situation analysis, Objectives,
Strategy, Tactics, Action, Control) Marketing Diagram
1. Situation Analytic (analisis situasi)
Untuk menganalisa situasi dari proses pemasaran yang sedang berjalan
pada perusahaan atau UKM. Pada tahap pertama ini yaitu, mengumpulkan berbagai informasi
dan data-data yang dibutuhkan pada keadaan internal dan eksternal perusahaan
agar dapat mengetahui market place nya. Dan tahap ini mampu memberikan contoh
mengenai organisasi kita dan ada metode untuk mencapai hal hal ini yaitu, :
1) Goal Performance, dan terdapat 5S diantaranya,
- Sell, catat posisi tingkat penjualan, menarik perhatian para pembeli
- Serve, catat bagaimana memberi pelayanan yang baik
- Save, catat apakah sudah efisien tempay yang akan ditempati
- Speak, bagaimana kita mampu mengkomunikasikan produk kepada konsumen
- Sizzle, bagaimana cara untuk mengefisiensikan produk dan layanan yang
dimiliki
2) Analisis Kompetitor
3) Menganalisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats)
2. Objectives (Tujuan)
Tahapan ini berfokus kepada tujuan-tujuan yang realistis dan terukur
yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dibuat. Dan penetapan strategi
ini menggunakan 5S, yaitu Sell, Serve, Speak, Save and Sizzle. Dan dirumuskan
masing-masing variable tersebut secara Specific, Measurable, Actionable,
Relevant, and Time-related (SMART). Dan di akhir program ini nantinya akan
mempermudah dalam tahap evaluasi karena susah dibuat batasan-batasan tujuannya.
3. Strategy (Strategi)
Cara untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan dan diketahui bersama.
Perencanaan strategi akan menggunakan metode STOP dan SIT. STOP yaitu (Segment, Target market, Online Value
Proposition (OVP), dan Positioning) dan
kemudian dilanjutukan pembentukan strategi menggunkan SIT yaitu (Sequence or
Stage, Integration dan Tools). Dan strategi-strategi ini lah yang merupakan
pedoman yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Tactics (Taktik)
Penjabaran detail dari Langkah-langkah untuk pelaksanaan sebuah strategi
yang digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing dan untuk mencapai
tersebut gunakan lah 7P Marketing Mix yaitu Product, Price, Place, Promotion,
People, Process, dan Partnerships.
5. Actions (Aksi)
Menjalankan Strategi dan Taktik yang sudah dipilih
- Responbilities and Structures
- Internal resources and skills
- Eksternal agencies
6. Control (Kontrol)
Ini adalah tahap akhir yang dimana tahapan ini itu untuk memeriksa atau
mengevaluasi secara berkala apakah action telah sesuai atau belum. Dan melakukan
kontrol pada saat melaksanakan semua taktik yang sudah di tetapkan tadi.
baca juga : sobat dunia kampus / https://www.duniakampus40.net
Komentar
Posting Komentar