Ketahui Tentang Digital Marketing YUKK!!!

 

Digital Marketing

Nama : Putri Aisyah Salsabil

NIM   : 1709620047

Prodi : Pendidikan Administrasi Perkantoran

Kelas : B

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus dan Terrylina Arvinta Monoarfa,BE.,MM

 

Assignment Kewirausahaan digital “Digital Marketing

 

            Seperti yang sudah disimak dari youtube channel Dedi Purwana yang berjudul “Digital Marketing

https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k di zaman yang seperti ini, peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia  dengan mengubah pola perilaku konsumen. Digital Marketing adalah sebuah jawaban terhadap konsumen,sehingga kita bisa menangkap persaingan yang terjadi di dunia wirausaha. Dan Digital Marketing merupakan startegi memperkenalkan produk berupa barang dan jasa kepada konsumen melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan adanya digital marketing dapat dengan mudah masyarakat untuk melakukan kehidupan sehari-hari dalam bertransaksi dimana dan kapanpun mereka berada. Di era pandemic covid-19 seperti ini, semakin menunjukkan betapa pentingnya digital marketing pada masyarakat, terlebih lagi dalam dunia kewirausahaan atau bisnis seperti ini. Masyarakat semakin memanfaatkan digital marketing dalam peluang bisnis di masa pandemi covid-19 saat ini.

            Peran teknologi digital saat ini telah banyak merubah pola perilaku masyarakat di dunia ini dan dijadikan peluang oleh para pelaku usaha agar dapat memenuhi kebutuhan usahanya dan kebutuhan para konsumen usahanya. Dan digital marketing menjadi andalan bagi para pelaku bisnis, mulai dari perusahaan sampe pelaku bisnis UMKM dalam mengembangkan bisnis nya. Ada banyak sekali keuntungan dari digital marketing bagi bisnis saat ini, mulai dari UKM hingga tingkat perusahaan banhkan tidak sedikit dari digital marketing ini dapat menggeser iklan iklan konvensional mereka menjadi digital marketing ini.  

            Akan banyak sekali manfaat yang di dapatkan jika kita berbisnis dengan media digital seperti ini, pertama, kita mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang telah kita rencanakan. Melalui digital marketing ini,bisnis yang kita tawarkan dapat dengan mudah menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, kita akan dengan mudah meningkatkan penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik. Kedua, dapat menjangkau pasar secara online, karena banyak dari konsumen saat ini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari karena lebih mudah dan lebih praktis. Ketiga, meningkatkan profit bisnis yang tengah dijalankan. Salah satu faktor dari berkembang pesatnya bisnis saat ini adalah mudahnya transaksi, karena telah ada fitur transaksi secara online. Karena kemudahannya itu mampu meyakinkan dan menarik perhatian dari banyak konsumen terhadap produk tertentu itu. Bahkan saat bisnis yang tengah dijalankan masih dalam tahap berkembang,sangat memungkinkan digital marketing ini membuat produk tersebut bnyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Keempat, menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis. Baik pelaku bisnis UKM maupun perusahaan yang sudah besar sekalipun  memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing ini. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama -  sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun itu. Dan dengan begitu, kemungkinan bisnis yang kita miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama. Kelima, memudahkan dalam melakukan evaluasi. Internet merupakan akses terbuka yang dimana bisnis yang dilakukan dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Dan dari internet itu kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang kita jalani karena sebuah bisnis akan ditampilkan secara bersamaan dengan bisnis lainnya. Bisa juga untuk melihat kekuatan dan kelemahan  dalam bisnis untuk kemudian dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya.


baca juga :https://www.duniakampus40.net

            Kebutuhan mengenai digital marketing ini sangat penting bagi para pelaku bisnis, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era seperti ini menjadi hal yang harus dan wajib di pahami sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Dan di masa pandemi covid-19 seperti ini, membuktikan bahwa betapa pentingnya digital marketing bagi kewirausahaan, karena ketika seseorang tidak bisa mengakses secara konvensional dari beberapa media promosi atau pemasaran yang dilakukan, karena promosi secara konvensional tersebut membutuhkan banyak biaya yang di keluarkan hanya untuk 1 promosi produk saja, maka media digital menjadi satu-satunya solusi dalam masa pandemi covid-19 seperti ini, sehingga terbuka lah peluang dan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui digital.

            Para pelaku usaha harus mempertimbangkan media sosial sebagai bagian dalam strategi pemasaran, karena mendia sosial menunjukkan suatu gejala yang positif dan karena media konvensional kurang begitu efektif untuk saat ini dan terlalu mengeluarkan banyak biaya. Dan dalam membuat usaha kita harus tahu dulu bagaimana caranya untuk Menyusun strategi pemasaran produk. Dan melakukan penyusunan strategi pemasaran produk ini sangat penting untuk meningkatkan penjualandan jika menggunakan strategi yang tepat maka produk akan semakin di kenal para konsumen.

Dan berikut ini adalah penjelasan bagaimana pelaku usaha dalam merancang strategi agar usaha dapat tumbuh berkembang serta produk dapat dikenal,berdaya saing dengan menggunakan konsep SOSTAC (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control) Marketing Diagram

 

1.    Situation Analytic (analisis situasi)

 

Untuk menganalisa situasi dari proses pemasaran yang sedang berjalan pada perusahaan atau UKM. Pada tahap pertama ini yaitu, mengumpulkan berbagai informasi dan data-data yang dibutuhkan pada keadaan internal dan eksternal perusahaan agar dapat mengetahui market place nya. Dan tahap ini mampu memberikan contoh mengenai organisasi kita dan ada metode  untuk mencapai hal hal ini yaitu, :

1)    Goal Performance, dan terdapat 5S diantaranya,

-       Sell, catat posisi tingkat penjualan, menarik perhatian para pembeli

-       Serve, catat bagaimana memberi pelayanan yang baik

-       Save, catat apakah sudah efisien tempay yang akan ditempati

-       Speak, bagaimana kita mampu mengkomunikasikan produk kepada konsumen

-       Sizzle, bagaimana cara untuk mengefisiensikan produk dan layanan yang dimiliki

2)    Analisis Kompetitor

3)    Menganalisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats)

 

2.    Objectives (Tujuan)

 

Tahapan ini berfokus kepada tujuan-tujuan yang realistis dan terukur yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dibuat. Dan penetapan strategi ini menggunakan 5S, yaitu Sell, Serve, Speak, Save and Sizzle. Dan dirumuskan masing-masing variable tersebut secara Specific, Measurable, Actionable, Relevant, and Time-related (SMART). Dan di akhir program ini nantinya akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena susah dibuat batasan-batasan tujuannya.

 

3.    Strategy (Strategi)

 

Cara untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan dan diketahui bersama. Perencanaan strategi akan menggunakan metode STOP dan SIT. STOP  yaitu (Segment, Target market, Online Value Proposition (OVP), dan Positioning)  dan kemudian dilanjutukan pembentukan strategi menggunkan SIT yaitu (Sequence or Stage, Integration dan Tools). Dan strategi-strategi ini lah yang merupakan pedoman yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

4.    Tactics (Taktik)

 

Penjabaran detail dari Langkah-langkah untuk pelaksanaan sebuah strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing dan untuk mencapai tersebut gunakan lah 7P Marketing Mix yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Partnerships.

 

5.     Actions (Aksi)

 

Menjalankan Strategi dan Taktik yang sudah dipilih

-       Responbilities and Structures

-       Internal resources and skills

-       Eksternal agencies

  

6.    Control (Kontrol)

 

Ini adalah tahap akhir yang dimana tahapan ini itu untuk memeriksa atau mengevaluasi secara berkala apakah action telah sesuai atau belum. Dan melakukan kontrol pada saat melaksanakan semua taktik yang sudah di tetapkan tadi.


baca juga : sobat dunia kampus / https://www.duniakampus40.net

Komentar

Postingan Populer